Browser Anda tidak mendukung javascript.

7 Tips Melakukan Strategi Marketing Yang Efisien Dan Mudah

14 Apr 2021 03:40 97 724 kata
Berbisnis tidak hanya membicarakan tentang proses produksi barang atau jasa, tetapi juga mulai dari merencanakan produk, menetapkan harga produk, promosi produk, hingga strategi pendistribusian produk agar sampai di tangan konsumen.

Salah satu kegiatan yang mempengaruhi terkenalnya suatu produk ialah kegiatan yang tujuannya untuk mempromosikan atau memasarkan barang atau suatu produk agar dapat dikenal dan menarik konsumen sesuai target pasar. Kegiatan ini biasa disebut dengan marketing. Berikut ini 7 tips melakukan strategi marketing yang efisin dan mudah untuk kamu.

Kenali Calon Pelanggan

Yang pertama dapat kamu lakukan dalam melakukan strategi marketing ialah dengan mengetahui siapa calon pelanggan atau konsumen yang akan menggunakan produk kamu. Kamu dapat mengelompokkannya dengan melalui usia, gender, hobi, atau apapun itu. Dengan cara ini, kamu tidak akan membuang-buang waktu kamu dan hanya berfokus pada konsumen sasaran kamu.

Mengenali calon pelanggan ini biasanya disebut dengan “Marketing 7Ps”. Marketing 7Ps terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), People (orang), Process (Proses) dan Proof (bukti).

Membuat Konten Pemasaran

Di era yang teknologi komunikasinya semakin canggih ini para pelaku usaha dituntut untuk dapat berkreasi dengan kekreatifan dan keinovatifannya agar dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Adanya aplikasi media sosial menjadi salah satu tempat yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran karena di era ini hampir seluruh lapisan masyarakat pasti memiliki akun media sosial.

Oleh karena itu, kamu dapat mencoba memasarkan produk yang kamu miliki di media sosial dengan cara membuat konten-konten menarik yang menjerumus pada pemasaran. Konten-konten tersebut bisa dalam bentuk video, foto, artikel, atau bahkan status di media sosial.

Memilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi untuk promosi sekaligus memasarkan barang menjadi salah satu hal yang terpenting. Sebab, lokasi yang strategis diharapkan kemungkinan barang untuk terlihat semakin tinggi, sehingga dapat menarik perhatian orang-orang yang kebetulan melihat dan tertarik untuk mampir.

Lokasi-lokasi strategis untuk pemasaran dapat kamu pilih berdasarkan keamanan, intensitas orang yang melewati tempat itu, daerah yang cocok menggunakan produk milik kamu, dan bisa juga lokasi yang jarang terdapat penjual produk yang sedang akan kamu tawarkan karena hal ini bisa meminimalisir saingan kamu sendiri.

Membuat Pasukan Reseller atau Drop Shipper

Seperti artinya yaitu menjual kembali, reseller merupakan orang-orang yang menjualkan kembali barang yang sudah dibeli dari supplier atau pedagang lain dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga asli untuk memperoleh keuntungan.

Dengan adanya reseller ini pula nama suatu produk atau barang diharapkan dapat semakin terkenal karena penjualannya semakin meluas dan kamu juga tidak terlalu diberatkan harus promosi besar-besaran. Tak hanya reseller, kamu juga dapat membuat pasukan drop shipper, di mana drop shipper ini yang menjadi penghubung antara kamu dengan calon konsumen.

Membuat Penawaran Menarik

Contoh nyata dari penawaran menarik ini ialah saat konsumen di beri pilihan membeli sebuah sepeda tanpa payung atau membeli sepeda gratis payung dengan harga yang sedikit lebih tinggi, pasti konsumen akan memilih membeli sepeda gratis payung karena dirasa harga tersebut cukup murah jika mendapat bonus payung. Contoh lain dari penawaran menarik ialah adanya diskon, promo buy one get one, promo buy two get one, dan lain sebagainya.

Membangun Networking

Networking artinya membangun hubungan dengan orang lain atau sekumpulan orang yang memiliki pengaruh terhadap suatu kesuksesan. Networking sangat penting didunia bisnis, sebab tak hanya menambah relasi untuk bertukar info saja, tetapi juga dapat menarik perhatian konsumen agar membeli atau menggunakan produk yang kamu miliki.

Networking dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan mengikuti pameran. Dengan mengikuti pameran, nantinya kamu akan bertemu banyak orang yang memiliki usaha seperti yang kamu miliki dan diharapkan kamu dapat bertukar pemikiran mengenai segala sesuatu yang menyangkut usaha kamu. Tak hanya itu, dengan pameran kamu juga akan bertemu langsung dengan banyak konsumen yang nantinya dapat melakukan pendekatan agar konsumen tersebut mau menggunakan produk yang kamu miliki.

Memelihara Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Sejatinya seorang manusia haruslah memiliki hubungan yang baik antara satu manusia dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, menjaga hubungan yang baik dengan konsumen sangat diperlukan untuk membangun kepuasan konsumen dan diharapkan nantinya konsumen akan menjadi pelanggan tetap kamu.

Cara memelihara hubungan yang baik dengan para konsumen bisa dilakukan dengan menanggapi semua feedback dari konsumen, meminta testimoni konsumen, mendengarkan dan menerima kritik dan saran dari konsumen, atau juga bisa dengan memberikan semacam reward berupa diskon. Hal itu dapat membuat konsumen merasa senang karena merasa dihargai.

Itu tadi 7 tips melakukan strategi marketing yang efisien dan mudah. Semoga ulasan tersebut dapat membantu kamu dalam melakukan marketing yang efisien dan mudah untuk mendapatkan keuntungan yang memuaskan. Selamat mencoba!
Portofolio Terkait

5 Tips Pendekatan Marketing Yang Ampuh Menaikan Target Marketmu

Dalam dunia bisnis seperti yang kita ketahui konsumen merupakan faktor yang sangat penting. Seperti kata pepatah pembeli adalah ...

selengkapnya

Tips Jualan Laris di Marketplace Shopee dan Tokopedia

Saat ini makin pesatnya teknologi komunikasi membuat perilaku belanja masyarakat jadi makin modern. Hal ini dibuktikan dengan ...

selengkapnya

Ingin Bisnis Semakin Terkenal? Yuk Coba Instagram Bisnis Ini!

Dewasa ini, cara mempromosikan bisnis sudah beragam. Tidak melulu harus dengan cara offline, namun cara online lebih ...

selengkapnya

Lebih Jeli Melihat Peluang Bisnis di Masa Krisis

Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor bisnis dan perekonomian memang sangat besar. Jutaan karyawan dirumahkan akibat perusahaan ...

selengkapnya

Apa Itu Monkey Business? Bagaimana Skema Praktik Monkey Business?

Apakah Anda pernah mendengar istilah monkey business? Ataukah Anda masih asing dengan istilah tersebut? Anda harus mengenalnya ...

selengkapnya

Nulisi

Nulisi.com adalah marketplace konten pertama dan terbesar di Indonesia. Nulisi membantu anda menemukan penulis, penerjemah, editor profesional dan berdedikasi dengan tepat sehingga project tulisan anda bisa jadi lebih cepat.

CV. Jago Kreatif Digital

Jl. Hasanuddin No.59 Kota Denpasar, Bali 80232

Sosial Media

 

Jam kerja:
Senin-Jumat 08.00 - 17.00 WIB

Copyright © Nulisi.com 2021 All Rights Reserved.