Browser Anda tidak mendukung javascript.

Langkah-langkah Memulai Digital Marketing Untuk Pemula

13 Apr 2021 18:06 73 754 kata
Digital marketing semakin banyak dipilih karena terbukti mampu memberikan hasil yang lebih optimal dibandingkan pemasaran konvensional. Dari segi modal dan operasional pun digital marketing jauh lebih unggul dan relevan dengan perkembangan zaman. Tidak heran jika digital marketing akhirnya dipiliih sebagai jalur pemasaran utama di segala sektor bisnis.

Sayangnya, banyak orang belum memahami cara memulai dan menjalankan digital marketing. Apalagi saat membayangkan digital marketing sebagai bidang keahlian yang penuh dengan hal-hal berbau teknologi yang belum banyak dipahami orang awam.

Jika Anda juga menganut persepsi ini, sekarang waktunya untuk mengubah cara pandang Anda dan menyadari betapa mudah dan praktisnya menjalankan digital marketing.

Sebagai panduan. kami berikan langkah-langkah memulai digital marketing yang cocok untuk diterapkan oleh pemula.

4 Langkah Mudah Memulai Digital Marketing

Tentukan Target Konsumen

Salah satu tahap paling krusial dalam berbisnis adalah menentukan target konsumen. Cobalah bertanya kepada diri Anda sendiri, seperti apakah profil konsumen yang akan tertarik menggunakan produk Anda?

Target konsumen bisa ditentukan berdasarkan banyak kriteria. Dari segi usia, Anda bisa mulai menargetkan apakah produk Anda akan digunakan oleh bayi, balita, anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Pertimbangkan pula jenis kelamin, profesi, taraf ekonomi, dan faktor-faktor lain saat menentukan target konsumen.

Dalam digital marketing, profil target konsumen sangat dibutuhkan untuk membuat konten pemasaran yang tepat sasaran. Konten yang dibuat untuk anak-anak tentu tidak sama dengan konten yang ditujukan untuk orang dewasa. Produk kosmetik untuk konsumen wanita memerlukan konten pemasaran yang spesifik seperti warna yang feminin dan unsur desain yang lebih anggun.

Setelah memiliki profil target konsumen yang jelas, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Buat Konsep dan Tujuan

Sama seperti alur bisnis yang lain, digital marketing pun memerlukan konsep dan perencanaan yang matang. Hal ini bertujuan untuk menghitung jumlah modal yang harus dikeluarkan dan hasil yang diharapkan.

Sebenarnya, pemasaran menggunakan media digital tidak selalu memerlukan biaya. Bahkan banyak platform gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi. Tapi jika Anda punya cukup modal, tidak ada salahnya untuk menyisihkan anggaran guna memanfaatkan layanan promosi berbayar di internet.

Tujuan pemasaran pun harus diperjelas. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, membangun reputasi, menjangkau pasar baru, atau yang lainnya? Walaupun semuanya bisa dicapai dengan digital marketing, akan lebih optimal jika setiap konten promosi yang Anda buat difokuskan kepada satu tujuan.

Pilih Channel Pemasaran

Digital marketing memiliki cakupan yang sangat luas. Di dalamnya, terdapat banyak opsi channel yang bisa Anda manfaatkan.

Untuk kelas UKM yang memiliki modal kecil, promosi di sosial media sangat disarankan karena lebih praktis dan hemat. Hasilnya pun sangat menjanjikan. Di Facebook dan Instagram misalnya, ada banyak online shop yang berhasil menjaring ribuan konsumen dan mencatatkan penjualan bernilai fantastis setiap harinya.

Untuk hasil yang lebih instan, Anda juga bisa memasang iklan digital di berbagai platform online. Ada Google Ads yang siap memajang iklan produk Anda di berbagai layanan miliknya seperti Google Search dan Youtube. Ada Facebook Ads yang akan menampilkan iklan Anda di beranda orang-orang yang dinilai sesuai dengan profil target konsumen Anda.

Apapun channel yang Anda pilih untuk berpromosi, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan dengan matang setiap kelebihan, kekurangan, peluang, serta tingkat kompetisi di tiap-tiap channel.

Eksekusi dan Evaluasi

Jika Anda sudah membuat perencanaan matang dan memilih channel pemasaran, langkah selanjutnya adalah eksekusi. Jalankan digital marketing sesuai rencana dan target yang sudah Anda tetapkan.

Selama proses pelaksanaan, Anda mungkin akan menemui banyak hal yang belum Anda ketahui sebelumnya. Jangan khawatir, hal semacam ini wajar dialami oleh pemula.

Beruntung, saat ini banyak sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menjawab berbagai pertanyaan Anda seputar digital marketing. Banyak pula pihak-pihak kompeten yang siap membantu Anda di berbagai forum online seperti grup Facebook, WhatsApp, dan Telegram.

Di akhir eksekusi, luangkan waktu untuk melakukan evaluasi. Kesulitan dan kendala apa saja yang Anda alami selama menjalankan digital marketing? Apa yang harus Anda lakukan dan harus Anda hindari di eksekusi selanjutnya? Apakah hasil eksekusi yang pertama sudah sesuai dengan target yang Anda harapkan?

Lakukan evaluasi secara berkala bersama dengan pihak-pihak yang turut terlibat dalam proses pemasaran. Gunakan hasil evaluasi sebagai pembelajaran dan acuan agar digital marketing yang Anda lakukan semakin efektif dan membuahkan hasil yang lebih optimal.

Maksimalkan Digital Marketing untuk Memenangkan Kompetisi

Digital marketing memang menawarkan peluang yang sangat menggiurkan. Hal ini sudah diakui dan dibuktikan oleh banyak pihak yang telah menikmati hasil dari digital marketing.

Namun bukan berarti digital marketing menjanjikan hasil instan. Tetap dibutuhkan upaya yang konsisten untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Maksimalkan keempat langkah di atas secara terus-menerus dan perkaya diri Anda dengan wawasan digital marketing dari berbagai sumber. Anda akan merasakan hasil dari pemasaran digital berupa peningkatan penjualan dan reputasi yang kadang kala jauh melampaui prediksi Anda sendiri.
Portofolio Terkait

5 Alasan yang Buat Kamu Berpikiran Untuk Menjadi Seorang Penulis Freelance

Tren freelance mulai dikenal para masyarakat karena semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang ada di daerah tempat tinggal. ...

selengkapnya

5 Tips untuk Menjadi Blogger yang Profesional dan Menghasilkan

Di zaman yang semakin maju ini orang berlomba-lomba memperoleh penghasilan dengan menciptakan lapangan kerja sendiri yang ...

selengkapnya

Apa Itu Artikel Story Telling? Bagaimana Story Telling Mampu Meningkatkan Trust Produk Anda?

Meningkatkan trust produk dengan story telling – Memasuki era digital saat ini, strategi berjualan yang dilakukan oleh ...

selengkapnya

5 Teknik Artikel Marketing Untuk Promosi Produk Kuliner di Internet

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak pernah ...

selengkapnya

Ini Dia 10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Dewasa ini perkembangan teknologi memberikan dampak yang begitu besar bagi kehidupan masyarakat. Tidak hanya dampak dalam segi ...

selengkapnya

Nulisi

Nulisi.com adalah marketplace konten pertama dan terbesar di Indonesia. Nulisi membantu anda menemukan penulis, penerjemah, editor profesional dan berdedikasi dengan tepat sehingga project tulisan anda bisa jadi lebih cepat.

CV. Jago Kreatif Digital

Jl. Hasanuddin No.59 Kota Denpasar, Bali 80232

Sosial Media

 

Jam kerja:
Senin-Jumat 08.00 - 17.00 WIB

Copyright © Nulisi.com 2021 All Rights Reserved.