Browser Anda tidak mendukung javascript.

Lebih Jeli Melihat Peluang Bisnis di Masa Krisis

21 Dec 2020 07:09 94 822 kata
Admin

Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor bisnis dan perekonomian memang sangat besar. Jutaan karyawan dirumahkan akibat perusahaan yang tidak mampu lagi melanjutkan operasional bisnis dan membayar gaji karyawan. UMKM pun banyak yang tumbang karena sulitnya bertahan dengan modal yang terbatas.

Daya beli masyarakat turun drastis. Imbasnya sangat dirasakan oleh pengusaha kecil dan sektor-sektor di luar kebutuhan pokok. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa perekonomian mengalami penurunan tajam dan belum ada indikasi positif dalam waktu dekat.

Namun siapa sangka, di tengah pandemi yang serba sulit seperti sekarang ini, terdapat berbagai peluang emas yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Dunia bisnis layaknya jungkat-jungkit raksasa. Setiap terjadi gejolak, satu sisi mengalami penurunan, sedangkan sisi lainnya terangkat naik semakin tinggi.

Alangkah baiknya jika kita mampu memusatkan perhatian pada sisi yang mengalami kenaikan. Secara lebih spesifik, ini berarti mencari peluang bisnis di tengah krisis ekonomi. Hal seperti ini bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan banyak pakar ekonomi yang mengatakan bahwa krisis ekonomi sebenarnya adalah potensi besar bagi segelintir orang yang cukup jeli dalam melihat peluang.

5 Sektor Bisnis Tahan Krisis

Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok sudah pasti dibutuhkan oleh masyarakat di segala situasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

Tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok dan produk-produk rumah tangga justru mengalami peningkatan.

Dari kacamata bisnis, hal ini merupakan ladang emas yang bisa diolah menjadi keuntungan. Apalagi bisnis di sektor kebutuhan pokok tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Yang terpenting adalah mencari pemasok yang terpercaya dan bisa diandalkan serta lokasi yang memiliki target konsumen yang cukup besar.

Anda juga bisa mencoba berjualan produk-produk kebutuhan pokok secara online dan mengandalkan layanan pengiriman barang yang sudah tersedia di hampir semua wilayah di Indonesia.

Food and Beverage (F&B)

Bisnis kuliner juga laris manis di era pandemi. Banyak pengusaha kuliner yang justru meraup keuntungan berlipat selama pandemi. Bahkan, beberapa perusahaan F&B melakukan ekspansi bisnis ketika sektor lain mengalami kebangkrutan.

Jika Anda ingin mencoba peruntungan di sektor ini, usahakan untuk memberikan nilai tambah pada produk yang Anda jual. Masyarakat Indonesia cukup responsif dalam menanggapi tren-tren kuliner terbaru. Akan lebih mudah untuk memasuki pasar jika Anda mampu menghasilkan resep yang unik, inovatif, dan sesuai dengan selera masyarakat.

Utamakan produk-produk kuliner yang berharga miring agar mampu menjangkau konsumen dari semua kelas. Perkuat branding dengan logo yang unik dan mudah diingat. Lakukan promosi dengan gencar melalui sosial media agar masyarakat lebih cepat menemukan produk Anda.

Produk dan Jasa Kesehatan

Wabah virus Corona meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. Bisnis di sektor medis pun laris manis berkat meningkatnya minat masyarakat terhadap berbagai produk dan layanan medis.

Contoh paling sederhana dari fenomena ini adalah peningkatan tajam pada penjualan masker. Hal ini diperkuat dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Bahkan, harga masker sempat meroket hingga jauh melampaui harga normal.

Sebelum memulai bisnis di bidang kesehatan, carilah informasi tentang peraturan-peraturan terkait. Terutama yang berkaitan dengan persyaratan kompetensi dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk menjual produk atau menyediakan jasa di bidang medis.

Jika Anda tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan, Anda bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang kompeten dan berwenang untuk menjalankan bisnis di bidang ini.

Tren bisnis di bidang medis diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga pasca pandemi. Jadi tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini dari sekarang.

Bisnis Digital

Pandemi Covid-19 telah mendorong percepatan digitalisasi di berbagai sektor. Dunia bisnis dan pemasaran pun mulai melirik dunia maya sebagai lahan yang potensial.

Dengan iklim digitalisasi yang kian kondusif, akan sangat menguntungkan jika Anda mampu mengambil peluang di dalamnya. Terlebih lagi jika Anda mempunyai keahlian di sektor digital. Didukung dengan teknik pemasaran yang tepat, Anda akan meraup banyak keuntungan sebagai penyedia produk dan jasa di sektor digital.

Misalnya, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website atau aplikasi toko online. Kebutuhan pebisnis terhadap website dan sistem e-commerce sangatlah tinggi di era pandemi ini.

Selain itu, Anda juga bisa mencari peluang di dunia pemasaran. Saat ini, keahlian desain grafis sangat banyak dibutuhkan untuk membuat konten promosi. Jasa penulisan konten, SEO, dan pengelolaan iklan juga sangat potensial untuk dikembangkan.

Ambil Sektor Terbaik Sesuai Peluang dan Keahlian

Itulah beberapa sektor bisnis yang mengalami peningkatan dan berpotensi besar untuk dapat berkembang di tengah pandemi. Jika Anda ingin memanfaatkan kesempatan ini, ambillah sektor yang paling Anda minati atau kuasai.

Pertimbangkan pula ketersediaan modal dan level kompetisi. Lakukan analisis yang mendalam dengan mengumpulkan data-data valid dari berbagai sumber.

Kalau sudah merasa yakin, segera mulai bisnis Anda. Sebab di tangan yang tepat, kesulitan di tengah krisis bisa diubah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Portofolio Terkait

Panduan Digitalisasi UMKM Untuk Memperluas Target Pasar

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM adalah sektor usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kontribusinya terhadap ...

selengkapnya

Tips Jualan Laris di Marketplace Shopee dan Tokopedia

Saat ini makin pesatnya teknologi komunikasi membuat perilaku belanja masyarakat jadi makin modern. Hal ini dibuktikan dengan ...

selengkapnya

7 Tips Melakukan Strategi Marketing Yang Efisien Dan Mudah

Berbisnis tidak hanya membicarakan tentang proses produksi barang atau jasa, tetapi juga mulai dari merencanakan produk, ...

selengkapnya

Bagaimana Cara Marketing Umkm Di Era Marketing 4.0?

Tulang punggung keluarga adalah ayah, tulang punggung perekonomian nasional adalah UMKM. Ya, 90% pelaku bisnis di Indonesia ...

selengkapnya

Apa Itu Monkey Business? Bagaimana Skema Praktik Monkey Business?

Apakah Anda pernah mendengar istilah monkey business? Ataukah Anda masih asing dengan istilah tersebut? Anda harus mengenalnya ...

selengkapnya

Nulisi

Nulisi.com adalah marketplace konten pertama dan terbesar di Indonesia. Nulisi membantu anda menemukan penulis, penerjemah, editor profesional dan berdedikasi dengan tepat sehingga project tulisan anda bisa jadi lebih cepat.

CV. Jago Kreatif Digital

Jl. Hasanuddin No.59 Kota Denpasar, Bali 80232

Sosial Media

 

Jam kerja:
Senin-Jumat 08.00 - 17.00 WIB

Copyright © Nulisi.com 2021 All Rights Reserved.